Saturday, January 19, 2013

Budidaya Guppy

Free3allpengetahuanku- Anda tahu ikan Guppy ini? ^_^  Ikan ini dikenal sebagai ikan yang bagus, dibedakan menjadi 2 yaitu di alam dan di peliharaan.
(Guppy Peliharaan)

(Guppy Liar)

Asal-usul Kisah:

Lahir sebagai empat bersaudara dari ibu bernama Amelia Parkinson dan ayah bernama Robert Guppy. Ayahnya bekerja sebagai pengacara, sedangkan ibunya seorang pelukis sekaligus salah seorang perintis fotografi. "Lechmere" begitu nama panggilannya sewaktu kecil, dibesarkan kakek dan neneknya yang bernama Richard Parkinson dan Lucy Lechmere di Kastil Kinnersley. Kastil ini merupakan bangunan peninggalan abad ke-13 yang terletak di Hereford, Inggris barat.
Di usia 18 tahun, Lechmere berangkat berlayar tapi di tahun 1856 kapalnya karam di lepas pantai Selandia Baru. Setelah 2 tahun tinggal bersama Suku Maori dan membuat peta wilayah di sana, Lechmere kembali berangkat berlayar ke Trinidad untuk bergabung dengan orang tuanya yang sedang tinggal di sana. Di Trinidad, ia menikah dengan Alice Rostant, putri seorang pemilik perkebunan yang keturunan Eropa di Trinidad. Setelah itu, Lechmere menjadi penilik sekolah pertama di Trinidad. Lechmere banyak menulis dan menerbitkan artikel tentang paleontologi walaupun tidak memiliki pendidikan formal dalam bidang sains.

R.J.L. Guppy wafat di San Fernando, Trinidad and Tobago
Ikan Guppy
Di tahun 1866, R.J.L. Guppy menemukan ikan yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Ikan ini begitu menarik perhatiannya sehingga ia merasa perlu mengirim spesimen ini ke kurator British Museum yang bernama Albert C. L. G. Günther. Setelah diperiksa, ikan ini ternyata merupakan spesies baru dan diberi nama "Girardinus guppyi" sebagai penghormatan bagi R.J.L. Guppy yang telah mengirimnya. Spesies ikan ini sebetulnya sudah ditemukan di tahun 1856 oleh ilmuwan Jerman bernama Wilhelm Peters. Spesies ini bahkan sudah diberi nama Poecilia reticulata di tahun 1859, tapi lebih populer dengan sebutan ikan Guppy.

Guppy (Poecilia reticulata), juga dikenal sebagai millionsfish, adalah salah satu spesies ikan air tawar yang paling populer di dunia. Merupakan bagian kecil dari famili Poecilidae (panjang ikan betina 4-6 cm, jantan 2½–3½ cm) dan seperti semua anggota famili-nya, ikan ini berkembang biak dengan melahirkan.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Robert_John_Lechmere_Guppy

Pemilihan Induk:
Jika anda mau mengawinkan antara guppy liar (Parit) maka pilihlah yang sehat dan yang bagus ^__^ 
Pembedaan Jenis Jantan dan Betina
Jantan: Badan Kurus, Memiliki Warna Yang Indah, Dan Memiliki Ekor Mekar.


Betina: Badan Besar Dan Gemuk, memiliki wara yang kusam dan memiliki ekor yang tidak terlalu mekar 

Cara pemijahanya :
1:1 (Ikan Guppy betina 1 dan jantan 1)
1:3 (Jantan 1 dan Betina 2)
2:2 (Pemijahan secara besar-besaran)

Nah yang biasanya di manfa'atkan orang adalah banyak betinanya maka banyak anaknya tips 1:3
Tanda-tanda dia kawin adalah jika jantan mengejar sang betina dan diikutinya (Akan Hamil Dalam Waktu 2Minggu)


Masa melahirkan
 Usahakan rawat induk guppy betina dengan baik dan benar sehingga badanya menjadi semakin besar dan melahirkan anak yang banyak! Berimakan apa saja hewan hidup atau cacing sutra beku! (Kecuali Pelet) 
Jika sudah melahirkan semua anak maka pisahkan induk (Jika tidak ingin Dimakan)

Video :

Pembesaran Burayak (Anak Ikan)
usahakan anda beri makan setalah 3-4 hari dengan makanan hidup seperti Jentik, Kutu Air yang disaring dan halus :D Jika anda beri pelat maka harus di blender atau di tumbuk kecil-kecil.

Penjualan
Setelah 2 Bulan atau 1 bulan lebih pilihlah yang berukuran 2Cm dan memiliki warna yang indah Dijual Dengan Harga Berikisar 1.000 - 5.000

^__^ Selesai ^__^
========================================================== Cara Download Disini
Download Dengan Torrent
Request game
Link Rusak Laporkan!
Suka Dengan Artikel Ini ?

 
 
Copyright © 2013. Free3allpengetahuanku - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...