Wednesday, March 20, 2013

Mengenal ilmu Fisika Nuklir

Banyak yang was-was mendengar kata Nuklir, yang terlintas adalah kehancuran, radiasi dan alat pemusnah. Namun tahukah Anda mengenai Nuklir? Untuk mengetahuinya lebih dalam Anda harus memperlajari salah satu cabang iptek, yakni Fisika Nuklir. 



Fisika Nuklir merupakan ilmu yang mempelajari tentang inti atom, beserta dengan perubahan-perubahan pada inti atom tersebut. Dalam ilmu fisika nuklir, dipelajari bahwa sebuah reaksi Nuklir merupakan sebuah proses di mana ada dua nuklei maupun partikel nuklir yang  bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dibanding produk awal. Dan pada prinsipnya sebuah reaksi bisa melibatkan lebih dari dua partikel yang bertemu, namun kejadian tersebut cukup jarang terjadi. Jika partikel-partikel tersebut bertabrakan serta berpisah tanpa adanya perubahan, maka proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi.

Dalam fisika dikenal 2reaksi nuklir, yakni reaksi fusi nuklir serta reakse fisi nuklir. Reaksi fusi nuklir merupakan reaksi peleburan antara dua atau lebih dari inti atom (Nukleus) menjadi atom baru kemudian menghasilkan energi, juga dikenal sebagai reaksi bersih. Sedangkan Reaksi fisi nuklir merupakan reaksi pembelahan inti atom yang terjadi karena tubrukan inti atom lainnya, kemudian ini akan menghasilkan energi dan atom baru yang memiliki massa yang lebih kecil, bahkan radiasi elektromagnetik. Reaksi fusi ini juga mampu menghasilkan radiasi sinar alfa, beta serta gamma yang sagat berbahaya bagi manusia.



Untuk  Senjata bom hidrogen adalah memanfaatkan prinsip reaksi fusi tak terkendali. Inilah mengapa Nuklir menjadi senjata yang sangat berbahaya.  Unsur yang sering digunakan di dalam reaksi fisi nuklir adalah dengan bahan Plutonium dan Uranium (khususnya Plutonium-239, Uranium-235), jika dalam reaksi fusi nuklir menggunakan Lithium dan Hidrogen (terutama Lithium-6, Deuterium, Tritium).

  ========================================================== Cara Download Disini
Download Dengan Torrent
Request game
Link Rusak Laporkan!
Suka Dengan Artikel Ini ?

 
 
Copyright © 2013. Free3allpengetahuanku - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...