Monday, March 18, 2013

Pepi II Neferkare: Raja yang paling lama berkuasa sepanjang sejarah dunia

Indonesia punya Soeharto yang menjabat sebagai presiden selama 3 dekade. Selain itu, ada pula pemimpin dunia yang lama sekali memerintah, seperti Muamar Khadaffi, Ratu Elizabeth II, Ratu Beatrix dan lain-lain. Namun semua pemimpin diatas belum ada apa-apanya dibanding Raja Pepi II dari Mesir. Siapakah dia?

Pepi II hidup kurang lebih pada masa ±  2284 SM hingga 2184 SM, ia merupakan seorang raja dari dinasti ke enam kerajaan Mesir lama (kuno). Ia mempunyai gelar Neferkare yang berarti "Ka dari Re yang Bagus".  Beberapa arkeolog awalnya menganggap bahwa Pepi II adalah anak dari Pepi I dan ratu Ankhesenpepy II. Namun, berdasarkan penemuan prasasti yang terdapat pada batu kapur dari makam Ankhesenpepy, ternyata diduga bahwa sebenarnya Pepi II merupakan anak dari Merenre yang menikahi Ankhesenpepy setelah kematian Pepi I. 

Yang luar biasanya, Pepi II sudah menjadi raja sejak usia 6 tahun pasca kematian ayahnya. Diperkirakan ia menduduki tahta sebagai raja selama 94 tahun. Suatu masa jabatan Raja yang paling lama pada sejarah monarki. Namun perhitungan ini sebenarnya juga masih menjadi perdebatan di kalangan arkeolog dan sejarawan. Diperkirakan ia memerintah dari tahun ± 2278 sampai ± 2184 SM.



Masa pemerintahannya ini ditandai dengan menurunnya Kerajaan Mesir Tua. Selain itu, dengan semakin menguatnya kekuasaan gubernur provinsi yang disebut nomarch, telah menggerusi kekuasaan raja Mesir. Tidak ada lagi kekuatan dominan yang sentral, bangsawan lokal saat itu mulai menyerang satu sama lainnya.
========================================================== Cara Download Disini
Download Dengan Torrent
Request game
Link Rusak Laporkan!
Suka Dengan Artikel Ini ?

 
 
Copyright © 2013. Free3allpengetahuanku - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...